Workshop Produksi Game 4
“PACMAN”
Jhorgy Reza Pratama (4210131006)
Mochammad Eko Prasetyo (4210131020)
2 D4 Game Technology
Prodi D4 Teknologi Game
Departemen Multimedia Kreatif
PoliteknikElektronikaNegeri Surabaya
2015
- Tujuan
- Mahasiswa mampu membuat game tentang pacman
- Mahasiswa mampu mengetahui tentang AI pada game pacman
- Dasar Teori
Pacman membuat penampilan perdananya di arcade pada tahun 1979 di Jepang di bawah Man Puck judul, berasal dari Jepang PakuPaku yang menunjukkan tindakan membuka dan menutup mulut. Permainan, yang diciptakan oleh Tohru Iwanati bagi perusahaan Namco Jepang, dibuat-Nya Release 22 Mei 1980 di Jepang dan memiliki keberhasilan legendaris segera dengan 100.000 unit terjual tahun itu.
Pada tahun 1981, MS Pacman dibuat keluar untuk menarik pemain, mayoritas Alih-alih menjadi pemain laki-laki. Pada tahun 1982, Super PacMan dan Lagi PacMan yang muncul. Kedua ekstensi ditandai oleh pengenalan faktor acak, dan penggantian pelet dengan buah. Kemudian Pac dan Pal, Junior Profesor PacMan dan PacMan membuat penampilan mereka pada tahun 1983. Profesor PacMan akan gagal karena hanya 400 terminal akan diproduksi. Kegagalan terus tahun berikutnya dengan peluncuran Pacland, terinspirasi serial TV yang menawarkan apa-apa menarik untuk dilakukan kepada pemain. Ini adalah akhir dari era PacMan setelah 4 tahun telah menandai sejarah game. Pada tahun 1988, PacMan perlahan-lahan kembali di pasar dengan merilis PacMania tersedia di Megadrive dan SPN. Namco sedang mencoba untuk berinovasi hal ini permainan 3D termasuk memberikan kemungkinan untuk PacMan melompat, tapi permainan memiliki banyak bug, termasuk tidak bisa drop beberapa pil atau hantu tampaknya lebih dari 4. Kembali ke 2D pada tahun 1993 dengan rilis PacAttack Game Boy, campuran menyenangkan dari Tetris dan PacMan. permainan ini adalah stack blok hantu untuk pahlawan kami makan. Baru tiba pada tahun 1994, PacMan 2, yang merupakan hasil PacMan, dengan gameplay yang sangat terbatas.
1995 akan menjadi tahun pelepasan Pac-in-time, pada permainan platform Game Boy karena ada puluhan. Kami harus mengumpulkan tertentu pelet cukup untuk naik tingkat. Dunia PacMan paling menonjol, dirilis pada tahun 2001 di Playstation, yang semua gameplay dari Mario dalam permainan platform 3D dengan 36 tingkat ke tombol tersebut. MS Pac Man Maze Madness dan Demam PacMan juga tahun yang sama muncul di Playstation, permainan dalam MPMM laby Demam pada 3D dan multiplayer pertempuran, mana ada yang lain Namco permainan karakter. 2001 merupakan tahun yang besar keberhasilan kuning untuk Camembert.
Pada tahun 2002, Pac Man Dunia 2 yang dirilis pada gamecube dan Playstation 2, sangat baik Permainan platform 3D belum, tetapi prinsipnya tetap tidak berubah, yang memberikan aspek berulang-ulang ke alam semesta yang mengelilingi pahlawan kita, benar atau Namco harus berinovasi! Ini akan diikuti World 3 pada tahun 2006.
Pada tahun 2005, Pac-Pix dan Pac'n'roll keluar di Nintendo DS. Dalam pix, harus menarik ke bawah hantu PacMan and roll memiliki beberapa 3D labirin tingkat.Akhirnya, PacMan Partai, dirilis pada tahun 2010 di Wii, dan terdiri dari 50 mini arcade game, untuk merayakan 30 tahun Pacman.
Pada tahun 1981, MS Pacman dibuat keluar untuk menarik pemain, mayoritas Alih-alih menjadi pemain laki-laki. Pada tahun 1982, Super PacMan dan Lagi PacMan yang muncul. Kedua ekstensi ditandai oleh pengenalan faktor acak, dan penggantian pelet dengan buah. Kemudian Pac dan Pal, Junior Profesor PacMan dan PacMan membuat penampilan mereka pada tahun 1983. Profesor PacMan akan gagal karena hanya 400 terminal akan diproduksi. Kegagalan terus tahun berikutnya dengan peluncuran Pacland, terinspirasi serial TV yang menawarkan apa-apa menarik untuk dilakukan kepada pemain. Ini adalah akhir dari era PacMan setelah 4 tahun telah menandai sejarah game. Pada tahun 1988, PacMan perlahan-lahan kembali di pasar dengan merilis PacMania tersedia di Megadrive dan SPN. Namco sedang mencoba untuk berinovasi hal ini permainan 3D termasuk memberikan kemungkinan untuk PacMan melompat, tapi permainan memiliki banyak bug, termasuk tidak bisa drop beberapa pil atau hantu tampaknya lebih dari 4. Kembali ke 2D pada tahun 1993 dengan rilis PacAttack Game Boy, campuran menyenangkan dari Tetris dan PacMan. permainan ini adalah stack blok hantu untuk pahlawan kami makan. Baru tiba pada tahun 1994, PacMan 2, yang merupakan hasil PacMan, dengan gameplay yang sangat terbatas.
1995 akan menjadi tahun pelepasan Pac-in-time, pada permainan platform Game Boy karena ada puluhan. Kami harus mengumpulkan tertentu pelet cukup untuk naik tingkat. Dunia PacMan paling menonjol, dirilis pada tahun 2001 di Playstation, yang semua gameplay dari Mario dalam permainan platform 3D dengan 36 tingkat ke tombol tersebut. MS Pac Man Maze Madness dan Demam PacMan juga tahun yang sama muncul di Playstation, permainan dalam MPMM laby Demam pada 3D dan multiplayer pertempuran, mana ada yang lain Namco permainan karakter. 2001 merupakan tahun yang besar keberhasilan kuning untuk Camembert.
Pada tahun 2002, Pac Man Dunia 2 yang dirilis pada gamecube dan Playstation 2, sangat baik Permainan platform 3D belum, tetapi prinsipnya tetap tidak berubah, yang memberikan aspek berulang-ulang ke alam semesta yang mengelilingi pahlawan kita, benar atau Namco harus berinovasi! Ini akan diikuti World 3 pada tahun 2006.
Pada tahun 2005, Pac-Pix dan Pac'n'roll keluar di Nintendo DS. Dalam pix, harus menarik ke bawah hantu PacMan and roll memiliki beberapa 3D labirin tingkat.Akhirnya, PacMan Partai, dirilis pada tahun 2010 di Wii, dan terdiri dari 50 mini arcade game, untuk merayakan 30 tahun Pacman.
- Alat & Bahan
Unity 5.1.0
- Percobaan
- Langkah pertama, klik GameObject→3D Object→Cube
Cube disini berfungsi sebagai labirinnya dan bisa kita atur ukurannya sesuai keinginan kita
- Langkah kedua silakan pilih Plane, caranya hampir sama seperti langkah pertama. Cuma disini pilih plane.
Plane disini berfungsi sebagai ground dari maze atau labirin yang kita buat. Dan berfungsi untuk membuat Arena dalam game pacman
- Langkah berikutnya yaitu pilih Sphere
Sphere disini berfunsi sebagai player dan enemy nya, ukuran nya sesuai keinginan kita
- Di bawah ini adalah script dari si player
Pada game pacman, player yang kita gerakan akan bergerak . Kita mengkontrol dengan menggunkan keyboard, script dibawah ini bisa kita masukan untuk meberikan pergerakan player.
using UnityEngine;
using UnityEngine.UI;
using System.Collections;
public class PlayerController : MonoBehaviour {
private Rigidbody rb;
public float speed;
private int counter;
public Text countText;
public Text winText;
// Use this for initialization
void Start () {
rb = GetComponent<Rigidbody> ();
counter = 0;
SetCountText ();
winText.text = " ";
}
// Update is called once per frame
void FixedUpdate () {
float moveHorizontal = Input.GetAxis ("Horizontal");
float moveVertical = Input.GetAxis ("Vertical");
Vector3 movement = new Vector3 (moveHorizontal,0.0f,moveVertical);
rb.AddForce(movement*speed);
}
// Destroy everything that enters the trigger
void OnTriggerEnter (Collider other) {
if (other.gameObject.CompareTag ("Pick Up")) {
other.gameObject.SetActive(false);
counter = counter + 1;
SetCountText ();
}
}
void SetCountText(){
countText.text = "Count: " + counter.ToString ();
if (counter >= 10) {
winText.text = "You Win";
}
}
}
- Script untuk enemy
Di game pacman sendiri si enemy yang terdapat dalam game ini akan selalu mengejar dimanapun posisi player berada dan enemy akan selalu mencari jarak terdekat menuju player.
using UnityEngine;
using System.Collections;
public class Ghost : MonoBehaviour {
// Use this for initialization
public Transform victim;
private NavMeshAgent navComponent;
void Start () {
navComponent = this.transform.GetComponent<NavMeshAgent>();
}
// Update is called once per frame
void Update () {
if(victim){
navComponent.SetDestination(victim.position);
}
}
void OnTriggerEnter(Collider player){
if (player.gameObject.tag=="Victim") {
Application.LoadLevel("Level1");
}
}
}
- Scrip di bawah ini adalah menunjukan bahwa jika si player sudah mengambil 10 objek pada game, maka di kondisikan untuk menang
void SetCountText(){
countText.text = "Count: " + counter.ToString ();
if (counter >= 10) {
winText.text = "You Win";
- ini adalah tampilan game pacman yang kita buat
Tidak ada komentar:
Posting Komentar